Thursday, October 29, 2015

Jadi Basis Produksi Otomotif, Alih Teknologi Bisa Lebih Maksimal

Jadi Basis Produksi Otomotif, Alih Teknologi Bisa Lebih MaksimalJakarta - Dalam hal industri otomotif di Asia Tenggara, Indonesia masih sedikit di bawah Thailand. Thailand kini menjadi nomor satu di Asia Tenggara karena Negeri Gajah Putih itu kini menjadi basis produksi otomotif.

"Thailand itu beberapa waktu lalu kalau enggak salah ngambil putusannya itu adalah production base, dan Indonesia-Malaysia mengambil mobil nasional, Meksiko mengambil component base. Kalau kita liat success story dari ketiga itu, ini gampang. Thailand itu berhasil menjadi production base. Jadi semua masuk ke Thailand, untuk membuat komponen lokal. Dan Meksiko juga berhasil," terang Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johnny Darmawan saat ditemui di arena Jakarta Auto Show (JAS) 2015 di JCC, Senayan, Jakarta.

"Nah Indonesia dan Malasyia boleh dikatakan enggak maju-maju. Karena Indonesia kan waktu nasional car tidak boleh, kena penalti segala macam. Nah kini berubah ke production base. Ini kalau kita lihat perjalanan ini, kita harusnya benar, bahwa sekarang mengaharapkan semua diproduksi di Indonesia," lanjutnya.

Soal alih teknologi untuk membuat mobil nasional seperti putusan awal bisa didapat secara otomatis jika menjadi basis produksi. Sebab, jika proses pengembangan dan produksi dilakukan di Indonesia, otomatis teknologi itu bisa dipelajari.

"Kayak Malaysia beli teknologi dari Mitsubishi, dia enggak bisa perpanjang lagi kalau sudah habis dan teknologi itu begerak terus. Sedangkan Thailand dia selalu mengambil production base, dia belajar dari proses. Jadi orang Thailand itu pintar, dia bisa ngambil. Nah Indonesia juga, kita mau mengambil teknologi belajar dari Thailand. Kita punya taraf orang itu tingkatnya sudah bagus," kata Johnny.

"Jadi yang ada itu teknologi bukan dikasih, tapi diambil dan dipelajari oleh orang-orang kita," lanjutnya.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment