Thursday, May 30, 2013

Mobil Murahnya Tak Laku, Tata Motors Rugi Besar

Mobil Murahnya Tak Laku, Tata Motors Rugi Besar New Delhi - Tata Motors mengalami kerugian di kuartal pertama 2013. Kejadian ini karena penjualan mobil murahnya Tata Nano tidak sesuai target dan diluar ekspetasi mereka.

Seperti yang dilansirautocar, Kamis (30/5/2013), Penurunan penjualan Tata Motors paling besar terlihat di kampung halamannya sendiri. Laba Group di Tata turun sebanyak 57 persen, dan ini menjadi sebuah rekor bagi perusahaan.

Namun sebagai perusahaan India ini terselamatkan oleh Jaguar Land Rover yang telah mereka akusisi beberapa tahun kemarin. Dengan menyumbang penjualan hingga 75 persen dalam 3 bulan terakhir.

Bahkan pengamat otomotif di India mengatakan Tata kini bukan menjadi merek yang inspiratif dan digemari. Karena keputusan untuk membeli kendaraan itu dinilai dari suatu merek yang digemari.

"Mereka (Tata) tampaknya mencoba untuk memberikan model terbaru, sehingga tantangan terbesar Tata adalah bagaimana mereka mempertahankan model tersebut, disaat model baru lainnya juga bermunculan," ujar analisis.

Tata bukan tanpa usaha untuk bisa merebut hati pecinta otomotif di India, bahkan mereka telah mencoba memberikan beberapa promosi untuk mendorong penjualan mereka. Tapi semuanya kembali ketangan konsumen, apakah mereka ingin memilikinya atau tidak.

Sehingga dinilai Tata membutuhkan model mobil penumpang terbaru yang telah disesuaikan dengan pasar India, untuk bisa mendongkrak penjualan mereka.


(lth/ikh)

0 comments:

Post a Comment