Thursday, May 30, 2013

Pekerja Pabrik Fiat Mengamuk

Pekerja Pabrik Fiat Mengamuk Kragujevac - Seorang pekerja di pabrik mobil Fiat di Serbia mengamuk. Dia merusak puluhan mobil baru dan menuliskan kata-kata kutukan di body mobil dengan menggunakan obeng.

Pekerja di pabrik perakitan di Fiat di Kragujevac, Serbia itu diketahui telah merusak 31 unit Fiat 500L yang baru setengah selesai dirakit dengan menggunakan obeng menuliskan kata-kata kutukan dan pesan ofensif pada tubuh mobil yang baru dicat.

Pesan yang dituliskan memang tidak diberi tahu oleh Fiat, namun mereka mengakui kalau pesan-pesan itu ditujukan pada para petinggi pabrik, termasuk manajer dan supervisor asal Italia.

Karena ketegangan antara pekerja dan manajemen di pabrik ini membuat pabrik menunda produksi. Serikat pekerja mengklaim kemarahan para pekerja disebabkan karena para pekerja dipaksa bekerja berjam-jam dan tidak diizinkan beristirahat, bahkan untuk sekedar merokok.

"Hal ini diyakini kalau hanya satu orang yang merusak mobil karena tulisan tangan adalah pesan yang sama," kata Zoran Mihajlovic, presiden serikat buruh Fiat Automobili Srbija, dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Kroasia Istinito.

"Hal ini mungkin terjadi karena kondisi sulit di mana para pekerja beroperasi, yang lebih muda dapat menanggungnya tetapi sangat sulit bagi orang-orang yang lebih tua," tambahnya dilansir leftlanenews, Kamis

"Mereka bekerja dalam tiga shift, di bawah tekanan besar dari manajemen, dan upah bulanan rata-rata adalah 34.000 dinar (sekitar Rp 3,6 jutaan)," ujarnya.

Kini, dibantu kamera pengintai, Fiat telah meluncurkan sebuah investigasi untuk mengungkap identitas pekerja yang merusak mobil. Sementara itu, 31 500L yang rusak akan harus kembali di cat.

(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment