Thursday, May 16, 2013

Si Tampan dari Polandia

Si Tampan dari Polandia Jakarta - Mobil-mobil sport bagai seorang model, tampan dan cantik. Karena itu, tidak salah bila mobil-mobil sport terus lahir di berbagai merek.

Dan bila saat ini Italia, Jerman, Inggris dan Amerika Serikat mendominasi kelahiran model ini, kini Polandia yang maju dan tidak mau kalah menampilkan mobil sport mereka.

Industri otomotif Polandia sendiri sebenarnya sejak dulu sudah cukup berkembang saat perusahaan lokal memproduksi banyak mobil berharga terjangkau seperti FSO Polonez. Titik kemunduran industri otomotif Polandia malah terjadi ketika keruntuhan tembok Berlin di Jerman.

Tapi ada zombie di industri negeri Eropa itu. Sebuah mobil sport bernama Syrena Sport kini bersiap lahir. Padahal mobil ini pernah menjadi prototipe yang desainnya telah mulai dikembangkan sejak tahun 1960an silam.

Butuh waktu lama bagi Syrena Sport untuk lahir ke dunia, terutama terkait alasan finansial dan politik sepanjang itu.

Namun kini, setelah berdekade-dekade terkubur, Syrena Sport pun siap lahir setelah pengusaha Polandia bernama Rafal Czubaj mencoba melahirkannya.

Di edisi baru ini, seperti dilansir Left Lane, Syrena Sport menggunakan sasis Nissan 370Z namun dengan desain yang lebih elegan dan tampan hasil desain Pavlo Burtaktskyy. Uniknya, tidak ada kemiripan antara Syrena prototipe dan yang kini tengah dipersiapkan.

Untuk dapur pacunya, Czubaj juga akan memasukkan mesin yang sama dengan 370Z yakni mesin V6 berkapasitas 3.7 liter dengan tenaga 330 hp. Akan ada versi yang dilengkapi dengan turbocharged bertenaga 450 hp pula.

Tapi, tetap saja, Syrena Sport ini masih bisa dibilang sebagai sebuah embrio semata. Sebab, Czubaj hanya memproduksi 1 mobil contoh dan hanya akan memproduksi bila ada permintaan konsumen.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment