Wednesday, October 15, 2014

Jadi Anggota AISI Wajib Produksi Motor di Dalam Negeri?

Jadi Anggota AISI Wajib Produksi Motor di Dalam Negeri?Jakarta - AISI atau kepanjangan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, merupakan organisasi yang membuka lebar para produsen sepeda motor untuk masuk menjadi anggotanya. Saat ini hanya ada beberapa pabrikan, diantaranya Honda, Kawasaki, Kanzen, Suzuki dan Yamaha.

Sedangkan di Indonesia banyak produsen sepeda motor dan mereka belum tergabung dengan AISI. Sebenarnya, apa persyaratan yang harus dilakukan oleh para produsen untuk bisa bergabung menjadi anggota AISI?

"Memang kita tidak ingin angota kita itu hit and run. Oleh sebab itu kita punya persyaratan-persyaratan apakah badan usahanya jelas, terus produksi di sini, fasilitasnya, organisasinya dan sebagainya," tutur Wakil Ketua I AISI, Johannes Loman seusai acara konferensi pers Indonesia Motorcycle Show di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Jika semua produsen direkrut menjadi anggota AISI, menurut Loman kemungkinan banyak yang meninggalkan organisasi. Hal itu dinilai tidak baik untuk industri itu sendiri.

"Karena kalau semua (produsen) dimasukin dan hit n run kan juga tidak bagus. Industrinya akan menjadi tidak bagus," ujar Loman.

Loman memastikan, jika ingin bergabung dengan AISI, produsen harus memproduksi motornya di Indonesia.

"Jadi harus ada produksi di sini. Saat ini dianggaran dasar kita begitu. Itu yang utama, yang lainnya tidak ada sih," tutup Loman.


0 comments:

Post a Comment