Tuesday, May 12, 2015

Ini Cara Ford Buktikan Keunggulan Mesin 1.000 cc Tiga Silinder Buatannya

Ini Cara Ford Buktikan Keunggulan Mesin 1.000 cc Tiga Silinder BuatannyaWina - Ford telah melakukan pengujian sistem manajemen mesin yang inovatif pada mesin EcoBoost 1.000 cc tiga silinder. Sistem manajemen mesin itu merupakan keunggulan khas mesin anyar Ford tersebut terutama untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Seperti dilansir Autocarindia, Rabu (13/5/2015), teknisi di Ford telah mengembangkan dual-mass flywheel terbaru yang memungkinkan penonaktifan silinder untuk mengambil tempat yang lebar pada beban dan kecepatan mesin. Selain itu, sistem tersebut juga bisa meminimalkan tingkat kebisingan dan getaran.

Tahun lalu mesin EcoBoost 1.000 cc telah menjadi mesin pertama yang menyandang gelar 'International Engine of the Year' tiga tahun berturut-turut. Mesin itu menggunakan kombinasi variable valve timing, turbocharging dan direct fuel injection untuk membantu meningkatkan daya serta memaksimalkan efisiensi.

Untuk tujuan pengujian, Ford akan melengkapi Focus dengan mesin EcoBoost 1.000 cc dengan hardware deaktivasi silinder. Hal itu memungkinkan teknisi untuk memonitor proses penonaktifan salah satu silinder dan juga penonaktifan silinder bergulir saat menjalankan mesin dalam mode setengah mesin.

Pabrikan yang bermarkas di Detroit, Amerika Serikat itu mempresentasikan hasil tesnya di Vienna Engine Symposium. Pengujian di jalan menunjukkan tingkat efisiensi yang meningkat 3 persen.

Pengujian dilakukan dengan uji jalan sejauh 55 km pada kombinasi jalan tol, jalan kota dan jalan pedesaan di sekitar dan dalam kota Cologne, Jerman.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment