Tuesday, May 12, 2015

Toyota Prado Terbaru, Pakai Mesin Anyar yang Irit Bahan Bakar

Toyota Prado Terbaru, Pakai Mesin Anyar yang Irit Bahan BakarBangkok - Bagi Anda penggemar Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota Landcruiser Prado, kini ada kabar gembira. Toyota telah melakukan ubahan aspekteknis dari mobil tersebut, yakni menciutkan kapasitas mesin dari 3.000 cc menjadi 2.800 cc dengan transmisi otomatis enam tingkat percepatan.

Seperti dilaporkan Car Advice, Rabu (13/5/2015), Toyota akan meluncurkan Prado versi anyar itu pada kuartal keempat tahun ini. Peluncuran akan dilakukan setelah pabrikan meluncurkan generasi anyar pikap Toyota HiLux yang akan diperkenalkan di Thailand pada 21 Mei mendatang.

Adapun proses produksi Landcruiser Prado terbaru itu dimulai Juni nanti. Kehadiran versi baru bermesin diesel 2.800 cc turbo itu akan menemani versi bermesin diesel 3.000 cc empat silinder yang dilengkapi turbo yang saat ini sudah beredar di pasar.

Jika model yang ada saat ini menggunakan transmisi otomtais lima tingkat percepatan, maka versi anyar bermesin 2.800 cc itu bertransmisi otomatis enam tingkat percepatan. Hanya untuk tenaga hingga kini masih belum ada bocoran informasi.

Meski begitu diperkirakan memiliki tenaga lebih besar 5 kW dibanding versi lawas yang bermesin 3.000 cc. Sedangkan torsinya lebih besar 10 Nm. Itu jika menggunakan transmisi manual.

Seperti diketahui, mesin generasi lawas mampu menyemburkan tenaga hingga 127 kW dan torsi 410 Nm. Sementara, jika menggunakan transmisi otomatis, maka tenaga yang akan disemburkan mesin Prado anyar itu bisa lebih besar 5 kW dan torsi meningkat 40 Nm dibanding tenaga yang disemburkan mesin pikap Toyota HiLux baru.

Seorang sumber di Toyota Thailand mengungkapkan, Toyota HiLux bakal mengusung mesin baru yakni diesel 2.800 cc yang bertenaga 132 kW dan torsi 420 Nm jika menggunakan transmisi manual enam percepatan. Namun jika menggunakan transmisi otomatis, torsinya bisa mencapai 450 Nm.

Disebutkan, mesin yang digendong HiLux paling gres itulah yang kemungkinan besar diusung oleh Toyota Prado versi anyar tersebut. Dan mesin baru Prado itu diklaim bakal lebih irit yakni hanya mengkonsumsi 8,5 liter BBM untuk jarak 100 kilometer jika menggunakan transmisi otomatis dan 8,8 liter BBM untuk jarak yang sama jika menggunakan transmisi manual.

Tak hanya itu. Toyota juga menyematkan perangkat navigasi satelit model paling anyar di tipe tertinggi mobil ini.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment