Monday, July 6, 2015

Boeing Punya Mobil Terbang

Boeing Punya Mobil TerbangWashington - Mobil terbang tampaknya menjadi kendaraan yang diidam-idamkan sekaligus menjadi mimpi untuk masa depan. Sebab, jalanan sudah semakin padat dengan kendaraan darat.

Namun, mobil terbang sejauh ini masih belum bisa direalisasikan. Sampai saat ini, masih banyak studi-studi yang harus dilakukan sebelum melahirkan mobil terbang.

Beberapa sudah ada yang berhasil, meski akhirnya mobil terbang itu harus mengalami kerusakan. Namun yang satu ini berbeda, karena yang buatnya adalah perusahaan pembuat pesawat, Boeing.

Seperti dilansir Carscoops, Senin (6/7/2015), konsep yang diberi nama Sky Commuter ini dirancang oleh Boeing.

Konsep Sky Commuter ini sebenarnya sudah dibuat sejak 1980-an. Dalam pengembangannya, prototipe ini seharusnya memiliki tiga buah roda dan ditenagai oleh mesin turbin gas on-board yang terkait dengan tiga buah baling-baling melalui driveshaft berbasis helikopter. Konsep yang mirip seperti mobil roda tiga ini memiliki knalpot di bagian belakangnya.

Disebut-sebut, Boeing telah menghabiskan dana sebesar 6 juta dolar pada pengembangan konsep ini. Sayangnya, proyek pembuatan kendaraan roda tiga yang bisa terbang ini batal di tengah jalan.

Tiga prototipe telah diproduksi. Salah satu yang tersisa dilelang oleh Barret-Jackson dengan perkiraan harga mulai dari US$ 71.500 (Rp 955 jutaan).

Tapi, pelelangan ini hanya menyasar para kolektor. Sebab, kendaraan ini tidak bisa berfungsi karena rumahan mesinnya kosong. Namun setidaknya, pembeli Sky Commuter bisa memiliki proyek bersejarah ini.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment