Monday, July 6, 2015

Fiat-Chrysler akan Lego Saham Ferrari

Fiat-Chrysler akan Lego Saham FerrariMaranello - Anak perusahaan Fiat Chrysler Automobile (FCA) yakni Ferrari, rencananya akan menjual saham perdana kepada publik (IPO) pada 2016 mendatang. Langkah ini merupakan bagian strategi Grup FCA untuk menggenjot pertumbuhan selama lima tahun ke depan.

Seperti dilaporkan Car Advice, Senin (6/7/2015) pencatatan saham yang akan dilakukan di Bursa Saham New York, itu diyakini bakal meraup dana tak kurang dari 10 miliar euro atau sekitar Rp 147,1 triliun. Pabrikan ini percaya, citra merek Ferrari bakal menjadi pemantik minat masyarakat untuk mengoleksi sahamnya.

"Ada harapan yang besar dari diri merek Ferrari yang unik," tutur Chief Executive Offiicer Ferrari, Sergio Marchione, di sela-sela peluncuran Fiat 500 terbaru di Turin, Italia, baru-baru ini.

Menurutnya, karena merek Ferrari identik dengan mobil super yang berkelas dan langka, maka saham yang bakal dijual pun dibatasi hanya 10 persen.

Saat ini, keluarga Ferrari yang diwakili putra pendiri Ferrari Enzo, yakni Piero Ferrari bakal tetap memegang 10 persen saham. Saham Fiat di Ferrari saat ini mencapai 90 persen, itu artinya komposisi pemilikan saham setelah IPO adalah FCA menggenggam 80 persen saham, dan 10 persen sisanya investor umum.

Sejatinya, kabar tentnag rencana penjualan itu telah terungkap beberapa waktu lalu ketika Sergio Marchionne memaparkan rincian strategi bisnis lima tahun FCA. Kabar bagus itu, langsung mengerek harga saham FCA hingga 33 persen.

Penjualan saham itu dinilai penting karena FCA berniat mengucurkan 48 miliar euro atau sekitar Rp 705,98 triliun untuk mengembangkan sejumlah produk baru. Langkah ini merupakan strategi pabrikan tersebut untuk menggenjot pertumbuhan penjualan global selama lima tahun ke depan.

Seiring dengan langkah penjualan saham kepada publik itu, Ferrari juga akan membangun kantor baru di London. Langkah itu mengikuti perusahaan induknya, FCA.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment