Monday, July 6, 2015

Polisi Waspadai 11 Potensi Penyebab Kemacetan Saat Mudik

Polisi Waspadai 11 Potensi Penyebab Kemacetan Saat MudikJakarta - Tradisi mudik lebaran sudah pasti identik dengan kemacetan di daerah-daerah. Tapi kira-kira apa saja ya penyebab kemacetan saat mudik lebaran? Dalam catatan kepolisian setidaknya ada 11 potensi kemacetan.

"Ada 11 potensi penyebab kemacetan," kata Kasubbid Dikpen Biddikmas Korlantas Polri AKBP Kanton Pinem, saat pada ajang Diskusi Manajemen Keselamatan Mudik, di Jakarta.

11 potensi penyebab kemacetan saat mudik itu seperti pasar tumpah, SPBU, rumah makan, tempat hiburan, jalan rusak, rawan banjir, persimpangan, penyempitan, angkot ngetem, kepadatan arus lalulintas, dan kendaraan mogok di jalan atau terjadi kecelakaan.

"Hal-hal itu merupakan potensi penyebab macet. Tapi bukan berarti kami tidak melakukan sesuatu agar bisa mengurai semuanya itu. Seperti kami melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait, survei jalur mudik, penerangan lalu lintas dengan spanduk atau brosur," kata Kanton.

"Selain itu penggelaran angota dilapangan dengan pola pagar betis. Kami juga melakukan cek point, seperti di Bekasi. Jadi saat ada sepeda motor yang memiliki muatan berlebihan yang ditunggangi ayah, ibu dan anaknya. Maka kami akan menyarankan si ibu dan anak mengganti kendaraan dengan bus," tambahnya.

Tidak sampai disitu, pihak kepolisian juga akan melakukan cek kesehatan di terminal bus, cek kelaikan kendaraan, CCTV, Helycam, patroli, pengawalan, pembuatan pos pengamanan, pembuatan pos pelayanan masyarakat atau tempat istirahat, unit derek, NTMC TV, Penjagaan dan peraturan lalu lintas, dan Gakkum Lantas.

"Semuanya ini kami lakukan demi mendapatkan situasi kondusif, menjelang idul fitri," ujarnya.




(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment