Tuesday, July 7, 2015

Kini Cadillac Jadi Korban Penjiplakan Produsen Mobil China

Kini Cadillac Jadi Korban Penjiplakan Produsen Mobil ChinaBeijing - Sudah banyak produsen otomotif yang menjadi korban penjiplakan oleh pabrikan mobil asal China. Kali ini Cadillac yang menjadi sasarannya. Adalah Shanxi Victory yang menjiplak salah satu Sport Utility Vehicle (SUV) Cadillac.

Mobil hasil rakitan Shanxi Victory itu adalah Victory V1 yang merupakan minivan dan Victory X1 yang berbentuk pikap. Keduanya mirip seperti mobil Cadillac. Terutama dari grill yang dibuat cukup besar dan lampu bagian depannya.

Ada juga model Victory S10 yang rencananya akan diluncurkan di pasar otomotif Cina menjelang akhir tahun ini dan dijual dengan harga sekitar 60.000 yuan.

Jantung pacunya akan menggendong mesin 2.0-liter, 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 116 hp. Mobil tersebut memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.765 dan tinggi 1.695 mm serta jarak sumbu roda (wheelbase) 2.510 mm.

Namun Shanxi Victory mengklaim SUV-nya itu didesain berkat kolaborasi model Lifan X60 dan Chery Tinggo 3.

Nah, apakah nantinya produsen Shanxi Victory ini akan mendapatkan teguran dari Cadillac seperti kasus Porsche menegur keras pabrikan mobil asal China yang menjiplak Macan.


(ady/lth)

0 comments:

Post a Comment