Thursday, July 2, 2015

Resmi! Sekali Full Tank, Mobil Hidrogen Toyota Bisa Tempuh 502 Km

Resmi! Sekali Full Tank, Mobil Hidrogen Toyota Bisa Tempuh 502 KmCalifornia - Toyota Motor telah mengumumkan data kemampuan jelajah sedan berbahan bakar hidrogen buatannya, Toyota Mirai. Mobil yang namanya berarti 'Masa Depan' ini bisa menempuh jarak 502,1 kilometer (km) dalam sekali isi tangki bahan bakar hingga penuh.

Fakta itu merupakan hasil pengujian yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat. Angka ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan klaim yang disampaikan oleh Toyota.

Presiden dan CEO Toyota Motor Corp saat memperkenalkan mobil ini tahun lalu menyebut, mobil bisa melaju sampai lebih dari 300 mil atau 482 km. Pengisian tangki hidrogen pun berlangsung sangat cepat yakni sekitar 3 menit saja.

Sementara itu Toyota Motor Sales Amerika menyebut mobil ini mulai dijual di Amerika Serikat pada musim gugur mendatang. Toyota bakal memberikan sejumlah fasilitas khusus bagi para pembeli atau penyewa mobil tersebut.

Fasilitas itu antara lain, selama tiga tahun akan mendapatkan bahan bakar gratis yang setara dengan senilai US$ 15.000 atau sekitar Rp 195 juta. Para pembeli juga akan mendapatkan fasilitas gratis tiga tahun fitur keselamatan Connect dan aplikasi fitur komunikasi Entune.

Mereka juga akan mendapatkan dukungan layanan servis atau bantuan lainnya selama 24 jam dalam sepekan penuh. Fasilitas bebas biaya perawatan selama tiga tahun juga akan diberikan selain bantuan keadaan darurat di jalan. Bahkan, garansi komponen utama kendaraan diberikan selama 8 tahun atau 160.000 kilometer.