Thursday, January 23, 2014

Jumlah Mobil di AS Sama dengan Jumlah Penduduk RI

Jumlah Mobil di AS Sama dengan Jumlah Penduduk RIJakarta - Masyarakat Amerika Serikat sudah terbiasa memiliki mobil, mungkin bisa dibilang seperti orang Indonesia memiliki motor. Namun siapa sangka kalau jumlah mobil di Amerika Serikat ternyata hampir sama dengan jumlah penduduk Indonesia.

Jumlah mobil di jalanan Amerika di tahun 2013 lalu diperkirakan berkisar antara 246,9-247,9 juta mobil. Ini adalah angka tertinggi sejak tahun 2008.

Namun, secara tren, banyak yang mengatakan kalau era motorisasi di Amerika Serikat sesungguhnya sudah lewat. Michael Sivak dalam sebuah analisis untuk University of Michigan Transportasi Research institute mengatakan kalau tren motorisasi di AS mungkin telah mencapai puncaknya beberapa tahun lalu.

Terlebih persentase rumah tangga AS yang tanpa kendaraan di 2012 membesar menjadi 9,2 persen dibandingkan dengan 8,7 persen pada tahun 2007. Selain itu, di 6 dari 30 kota terbesar AS lebih dari 30 persen rumah tangganya tidak memiliki kendaraan.

Statistik tersebut sejalan dengan pendapat umum disana bahwa orang-orang muda saat ini tidak terlalu menginginkan mobil seperti orang tua mereka semasa muda. Mereka lebih suka naik sepeda, naik mobil bersama-sama atau menggunakan cara lainnya.

Tapi, itu terjadi ketika mereka masih muda. Ketika sudah berkeluarga, mobil masih dianggap sebagai sebuah kebutuhan. Dan karenanya, menurut USA Today, jumlah mobil tetap akan terus meningkat.


0 comments:

Post a Comment