Monday, May 18, 2015

Ini Dia Si EVA, Taksi Listrik Pintar di Singapura

Ini Dia Si EVA, Taksi Listrik Pintar di SingapuraSingapura - Singapura berkomitmen untuk menggerus polusi udara dari emisi gas buang kendaraan bermotor. Untuk mewujudkannya pemerintah negeri ini menghadirkan EVA, sebuah mobil taksi bersumber tenaga dari motor listrik hasil kreasi pakar dari Technological University Singapura dan Technische Universitat Munchen, Jerman.

Seperti dilaporkan Autoevolution, Senin (18/5/2015), EVA merupakan kreasi dari proyek kerjasama Singapura â€Â"Jerman, Tum Create. Selain emisi nol â€Â" karena bersumber tenaga dari listrik â€Â" mobil ini juga memiliki keunggulan berupa kursi pintar.

Pada keempat kursinya dilengkapi fitur yang menghadirkan kelembaban dan termperatur hangat di saat diperlukan.

Selain itu, kursi penumpang bagian depan bisa dilipat, sehingga jika penumpang membawa anak-anak berusia sembilan bulan hingga empat tahun akan dengan nyaman dan aman untuk mereka.

Taksi ini juga dilengkapi sarana transaksi secara online yang prosesnya bisa dilakukan melalui perangkat sistem hiburan di mobil. Bahkan, para penumpang bisa menyetel temperature air conditioner sesuai keinginan mereka melalui smartphone miliknya.

Mobil ini bertenaga 67 hp yang berasal dari motor listrik dengan baterai berkapasitas 50 kWh. Jika baterai terisi penuh, mobil bisa menempuh jarak 330 kilometer tanpa berhenti.

Dengan tenaga sebesar itu, EVA mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 10 detik. Untuk mengisi baterainya, bisa menggunakan sistem pengisian cepat yang hanya butuh waktu 15 menit.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment