Monday, May 18, 2015

Zaman Keemasan untuk Mobil Turbo akan Segera Dimulai

Zaman Keemasan untuk Mobil Turbo akan Segera DimulaiJakarta - Pabrikan mobil kian getol memperkenalkan mobil dengan kapasitas mesin kecil, namun tenaga yang dihasilkan bisa menyaingi mesin dengan kapasitas yang lebih besar. Itulah hasil nyata dari turbocharger. Karenanya di tahun-tahun mendatang, mobil bermesin turbo bakal memasuki zaman keemasan.

Dilansir The Detroit News, Senin (18/5/2015), berkat sistem turbo sebuah mesin kecil 4 silinder bisa memiliki tenaga setara dengan mesin V6 standar.

Ini yang dikatakan kedepannya bakal menjadi tahun-tahun emas untuk sistem turbo. Bahkan hasil positif sudah didapatkan dari penjualan sistem turbo.

Di tahun 90'an, pangsa pasar mobil bermesin turbo terbilang rendah. Mobil dengan mesin turbo hanya di model-model sport saja, baik keluaran pabrikan Eropa atau Amerika.

Namun kini penjualan mobil dengan sistem turbo meningkat 21 persen di 2014. Diperkirakan kendaraan dengan pilihan mesin turbocharge bakal terus meningkat. Bahkan di 2025 diperkirakan pasar Eropa akan menjual sebanyak 70 persen yang mengusung sistem turbo. IHS Automotive memprediksi di tahun 2021, 38 persen mobil baru yang beredar di pasar Amerika adalah mobil turbo.

Di Amerika mobil wajib memiliki angka konsumsi BBM 54,5 mil per galon. Dengan menggunakan turbo, target itu bisa saja terpenuhi.

"Kita sedang memasuki tahun emas untuk turbo," ujar Wakil Presiden Honeywell Transportation Systems Nitin Kulkarni.

Sebagai catatan, Honeywell merupakan produsen turbocharger paling besar di dunia yang memasok pabrikan otomotif dunia. Honeywell meniliki sekitar 100 teknologi turbocharger.

"Kami tidak menjanjikan solusi, tapi kami bisa mewujudkan turbo di mobil kecil, yang efisien," tambahnya.


0 comments:

Post a Comment