Monday, May 18, 2015

Bagaimana Cara Kerja Sebuah Airbag?

Bagaimana Cara Kerja Sebuah Airbag?Jakarta - Masalah airbag akhir-akhir ini begitu menghantui pabrikan mobil, terutama Jepang, gara-gara permasalahan yang dialami airbag buatan Takata Corporation yang menyebabkan kematian, jutaan mobil di seluruh dunia harus ditarik dari peredaran.

Sebenarnya apa sih itu airbag atau kantung udara? Fitur ini dirancang untuk memberikan keamanan lebih bagi penumpang mobil, terutama pengendara dari risiko kematian dalam sebuah kecelakaan.

Airbag sejatinya adalah sebuah bom. Bom dengan ledakan terkontrol yang disimpan di mobil, tepatnya di bagian seperti setir, dashboard dan bagian samping mobil pada mobil yang lebih high end.

Tapi bagaimana sebuah Airbag bekerja ya? Pasti tidak banyak yang menyangka pembuatan airbag sangatlah rumit. Dan butuh perhatian khusus dan tidak main-main.

Airbag memiliki beberapa bagian, utamanya adalah sensor yang akan mendeteksi apakah sebuah mobil mengalami tabrakan, pemicu ledak, dan peledak, dan balon yang biasanya terbuat dari nilon.

Begitu ada kecelakaan, ‘bom’ akan terpicu secara kontrol, dan energi ledakannya akan meniup balon dengan kecepatan yang tinggi. Desain airbag pun tergantung dengan desain mobil sendiri. Untuk menjahit airbag dibutuhkan alat-alat seperti laser printing dan mesin jahit terkomputerisasi.

Namun adakalanya, airbag tidak bisa mengembang. Biasanya fitur tersebut memang akan mengembang jika mobil mengalami tabrakan dari depan. Soalnya sensor airbag yaitu akselerometer tepat berada di depan. Alat tersebut sangat sensitif dan bakal mengukur seberapa besar benturan dari depan.


0 comments:

Post a Comment