Thursday, June 25, 2015

Ferrari Indonesia Optimistis 488 GTB Bakal Laris Manis, Ini Alasannya

Ferrari Indonesia Optimistis 488 GTB Bakal Laris Manis, Ini AlasannyaJakarta - Varian terbaru dari Ferrari yang diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show 2015 Maret lalu yakni Ferrari 488 Gran Turismo Berlinetta (GTB) akan diluncurkan di Indonesia pada 31 Juli mendatang. Banderolan harganya sekitar Rp 12 miliaran.

PT Citra Langgeng Otomotif atau Ferrari Indonesia yang menjadi agen pemegang mereknya mengaku yakin model itu bakal laris manis. Apa alasannya?

“Yang pertama, tentunya fakta yang ada saat ini. Belum secara resmi kami luncurkan, pemesanan hingga saat ini sudah mencapai 18 unit,” tutur Chief Executive Officer Ferrari Indonesia, Arie Christopher, di Jakarta, Kamis (25/6/2015) malam.

Menurut Arie, tingginya minat terhadap model anyar Ferrari itu dikarenakan keunggulan yang ditawarkan. Mobil ini adalah model kedua yang menggunakan turbo ganda yang dibuat pabrikan asal Moranello, Italia, itu setelah Ferrari California T. Seperti diketahui, model Ferrari F40 California T yang mengusung turbo ganda dihentikan produksinya pada 1992.

“Keunggulan mesin yang menggunakan turbo ganda tentunya tenaga yang dahsyat, dan di putaran mesin tinggi maupun rendah tetap besar tenaganya. Tidak ada turbo leg di saat putaran mesin rendah,” ungkap Arie.

Alasan lainnya adalah, minat konsumen Indonesia yang sangat tinggi terhadap mobil-mobil super asal Eropa khususnya Ferrari. Meski perekonomian tak semoncer tahun-tahun sebelumnya, dan nilai tukar rupiah yang loyo, orang yang berminat membeli mobil super itu masih tinggi.

“Memang, perekonomian global dan domestik yang slow itu cukup berpengaruh ya. Artinya, dalam kondisi seperti ini saja, kami mendapat pemesanan 18 unit. Coba bayangkan kalau ekonomi benar-benar bagus. Tapi sampai saat ini penjualan kami masih sesuai seperti target,” papar Arie.

Ferrari 488 GTB yang diklaim sebagai hasil gabungan teknologi Ferrari di Formula 1, endurance racing Le Mans dan World Endurance Championship itu dibekali mesin 3.900 cc twin-turbo 8 silinder. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 670 hp dan torsi 760 Nm.

Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis dual-clutch tujuh tingkat percepatan. Dengan tenaga sebesar itu, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya mencapai 330 km/jam.