Wednesday, October 28, 2015

Gripz, Mobil Konsep Nissan yang Paling Mendekati Produksi Massal

Gripz, Mobil Konsep Nissan yang Paling Mendekati Produksi MassalTokyo - Nissan memamerkan mobil konsep Gripz untuk pertama kalinya di Asia pada ajang Tokyo Motor Show 2015. "Gripz yang paling mendekati produksi," kata sumber detikOto di Nissan.

Gripz pertama kali diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show pada September 2015. Mobil karya desainer Jepang dan Eropa ini mengombinasikan crossover yang kompak dengan performa mobil sport.

Gripz lebih pendek dari Juke, tapi lebih lebar dan rendah. Eksterior Gripz didesain menampilkan grille V-motion dan lampu depan LED berbentuk seperti boomerang lancip.

Idenya berasal dari generasi pendahulunya yakni Nissan 240Z yang dipakai untuk rally. Gripz disebut bisa jadi tunggangan sehari-hari di dalam kota, tapi juga sanggup menghadapi medan berat.

Gripz juga berteknologi hybrid “Pure Drive e-Power”. Sistem ini memanfaatkan kerja mesin bertenaga BBM menjadi sumber penghasil tenaga untuk motor listrik. Motor listrik pada Gripz adalah yang sama saat ini dipakai pada Nissan LEAF.

CEO Nissan Carlos Ghosn mengatakan, Gripz menunjukkan arah crossover Nissan yang selanjutnya. Namun Ghosn tak menyebut kapan Gripz akan mulai dipasarkan. Ia hanya menyebut mobil konsep perusahaannya seperti Gripz dan IDS ditargetkan bisa terwujud pada 2020.

Sementara itu Corporate Vice President, Global Head of Datsun, Vincent Cobee, mengatakan mobil konsep rata-rata membutuhkan waktu empat tahun buat terwujud.

Cobee menjelaskan, 1,5 tahun pertama dibutuhkan untuk persiapan produksi dan uji coba, lalu satu tahun buat studi mekanika secara mendetail, serta 1,5 tahun lagi buat menyiapkan target pasar dan penyiapan harga yang kompetitif.

"Tapi ada juga mobil konsep impian yang baru bisa ada 15 tahun lagi karena teknologinya belum ada," ujarnya. "Bisa juga ada mobil yang sebenarnya sudah siap, tapi karena masih rahasia maka kami tampilkan seolah-olah mobil konsep.”


(okw/rgr)

0 comments:

Post a Comment