Tuesday, May 19, 2015

Ini Orang yang Pertama Kali Buat Airbag

Ini Orang yang Pertama Kali Buat AirbagJakarta - Airbag (kantung udara) diperkenalkan pertama kali di tahun 1953. Sejak itu, airbag sudah menyelamatkan jutaan orang. Siapa yang menemukan airbag?

Dikutip dari situs Global NCAP, John Hetrick adalah orang yang pertama kali menemukan airbag. Hetrick adalah seorang pensiunan insinyur Amerika. Dia mendapatkan ide membuat airbag setelah mengalami kecelakaan mobil bersama istri dan anaknya.

Keluarga Hetrick tahun 1952 tengah naik mobil di Pennsylvania, ketika tiba-tiba di jalanan ada sebuah batu besar yang menghalangi laju mobil. Hetrick dan istrinya harus menahan tubuh anaknya agar tidak membentur dashboard dan berhasil menyelamatkan nyawa si anak.

Saat itu, pengendara memang berisiko meninggal dalam kecelakaan, dari kecelakaan itulah, timbul ide Hetrick untuk membuat sebuah ‘bantalan’ berisi udara. Paten mengenai airbag langsung didaftarkannya pada tahun 1953. Namun baru beberapa puluh tahun kemudian, produksi airbag benar-benar dimulai.

Adalah perusahaan mobil asal Jerman, Daimler yang memulai menggunakan teknologi airbag pada 1981 lalu. Airbag saat itu dipasangkan di mobil S-Class model seris 126 yang diperkenalkan di Frankfurt International Motor Show.

Mobil pertama yang menggunakan airbag adalah Oldsmobile Toronado pada 1973, namun Ford baru menggunakannya sebagai fitur standar pada 1990. Volvo kemudian memperkenalkan sistem airbag samping pada 1995 dan Honda mengembangkan airbag pertama untuk motor pada 2006.


Dikutip dari automotive engineer, Hetrick tidak pernah benar-benar mendapatkan uang dari hasil desain airbag-nya. Namun visi Hetrick mengenai airbag, membuat orang, baik penumpang dan pengendara merasa aman begitu naik mobil.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment