Tuesday, May 19, 2015

Mobil Tanpa Sopir, Untuk Mereka yang Malas Parkir

Mobil Tanpa Sopir, Untuk Mereka yang Malas ParkirJakarta - Nissan Motors Company menjanjikan mobil otonom alias mobil tanpa sopir buatannya bakal siap di jalanan pada 2020 mendatang. Pabrikan ini berkeyakinan mobil tanpa sopir bakal diminati oleh konsumen usia muda terutama mereka yang enggan memarkirkan mobil.

Seperti dilaporkan Daily Mail, Rabu (20/5/2015), adalah Chief Executive Officer Nissan, Carlos Ghosn yang menegaskan janji tersebut. Namun, dia juga berharap aturan tentang mobil otonom itu diterbitkan oleh pemerintah di negara-negara yang bakal menggunakannya.

Hal itu dimaksudkan agar tidak ada pertentangan antara perkembangan teknologi dengan kekhawatiran masyarakat terhadap keselamatan lalu-lintas. “Tapi, apakah orang-orang akan bisa meminta pergi dari jalan hingga ada aturan dari pemerintah?” ujar Ghosn.

Menurut Nissan, dari hasil suvei yang dilakukannya terlihat mobil otonom sangat diganderungi oleh kalangan usia muda. Keunggulan teknologi dan kepraktisan menjadi alasan mereka.

Sebelumnya, Google telah melakukan uji jalan mobil yang yang menggunakan teknologi otonom buatannya di jalanan California, Amerika Serikat. Selama prosesi pengujian, pengemudi hanya duduk manis di bangku tanpa menyentuh lingkar kemudi mobil, bahkan rem.

Hanya mobil tersebut belum dilengkapi airbag dan fitur keselamatan lain yang ditetapkan oleh regulator keamanan lalu-lintas. Walhasil tidak boleh melaju hingga melebihi kecepatan 40 km/jam.

Dalam prosesi uji mobil otonom itu, Google menggunakan mobil Lexus. Sedikitnya 11 kecelakaan telah terjadi saat pengujian berlangsung.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment