Wednesday, August 19, 2015

JK: Mobil Itu Identitas Suatu Negara

JK: Mobil Itu Identitas Suatu NegaraJakarta - Wapres Jusuf Kalla membuka secara resmi pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show. Di mata Jusuf Kalla, mobil selain merupakan indikator kemajuan ekonomi suatu negara juga menjadi identitas yang khas.

“Mobil juga lambang kemajuan, identitas negara, begitu bicara Jerman terbayang mobil yang mewah dan kuat, BMW-Mercy, Amerika zaman dulu mobil besar sekarang mobil sedang, Jepang terkenal dengan mobil yang efisien, dan Italia oh pasti mobil kecil, jadi mobil merupakan identitas suatu negara,” ujarnya.

Bagaimana identitas mobil Indonesia Pak JK?

“Ya kalau kita mobnas naik turun, mudah-mudahan nanti, memang untuk mobnas rumusannya mengambang, apakah (yang disebut mobnas) itu komponen, atau dibuatnya di sini,” ujarnya.

Namun JK menginginkan lebih baik, komponen mobil nasional itu datang dari Indonesia dan dibuatnnya di Indonesia.

“Tetapi dibutuhkan teknologi yang cepat berkembang dan kerja sama, sangat nasionalistis tapi dibutuhkan semangat industri, lokal, kebanggaan brand, itu kita harapkan seperti itu,” ujarnya.

Namun dia menekankan mobil adalah pilihan yang bebas, pemerintah tidak bisa mengatur pilihan masyarakat untuk mobil.

“Karena itu lah kita menghargai dan menyambut baik pameran ini karena masyarakat nanti bisa memilih-milih mana yang terbaik,” ujarnya.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment